Kawasan Asia Tenggara Diprediksi Akan Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

10 May

Kawasan Asia Tenggara Diprediksi Akan Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

10 May 2024

Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartoto dan Perdana Mentri Inggris Periode 1997-2007 berharap situasi geopolitik yang sedang terjadi tidak memberikan dampak negatif terhadap ekonomi global.

Dalam pertemuan tersebut, pembahasan mengenai inklusi keuangan, digitalisasi dan transisi energi di Indonesia juga dibicarakan. Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair menyampaikan optimismenya bahwa kawasan Asia Tenggara (Indonesia sebagai negara terbesar), diprediksi akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di masa mendatang. Ditambah dengan pernyataan Menko Airlangga mengenai beberapa capaian perkembangan Indonesia pada aspek inklusi keuangan dan target kedepannya.

Menurut keterangan, tingkat Inklusi keuangan Indonesia terus mengalami peningkatan, tahun 2023 tingkat inklusi keuangan di Indonesia tercatat sebesar 88,7% dan pada tahun ini Indonesia menetapkan target inklusi finansial sebesar 90%.


Untuk mencapai target tahun ini, penerapan digitalisasi dinilai oleh Menko Airlangga dan Tony Blair merupakan strategi paling tepat untuk mendorong keberlanjutan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Diskusi juga mencakup dukungan yang diberikan oleh Tony Blair Institute (TBI) kepada Pemerintah Indo- nesia, dengan harapan dapat menciptakan kerja sama yang produktif dan menjadikan Indonesia sebagai contoh pertumbuhan ekonomi inklusif yang sukses di berbagai wilayah.

Dalam konteks transisi energi, Menko Airlangga memaparkan komitmen pendanaan yang telah dilakukan bersama negara-negara mitra, termasuk rencana investasi Masdar (Merupakan perusahaan energi bersih yang berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) yang berfokus pada pengembangan, investasi dan operasi proyek-proyek energi terbarukan) dalam PLTS di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan kapasitas
1,2 GW.


Diskusi juga mencakup tantangan teknologi di masa depan, khususnya terkait perkembangan kecerdasan
buatan (AI) yang memiliki dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan. Keduanya setuju bahwa pemerintah harus siap menghadapi dampak tersebut melalui regulasi yang adaptif dan progresif. 

sumber: 
https://www.logistiknews.id/2024/04/22/asia-tenggara-pusat-pertumbuhan-ekonomi-dunia/ 

File Download: Download (13 Download)