Artificial Intelligence (AI) Generatif Berbasis Cloud Memasuki Era Baru Logistik di Masa Depan

06 Feb

Artificial Intelligence (AI) Generatif Berbasis Cloud Memasuki Era Baru Logistik di Masa Depan

06 February 2024

Kemajuan teknologi membuat seluruh dunia usaha mulai beradaptasi mempersiapkan inovasi di dunia digital untuk ketahanan dan kemajuan bisnis perusahaan.

Pada tahun 2024, Locus sebuah perusahaan teknologi logistik global, memperkirakan adanya perubahan penting dalam lanskap bisnis di mana penerapan AI Generatif dan teknologi berbasis Cloud tidak hanya akan membentuk kesuksesan mereka tetapi juga merevolusi sektor logistik global.

Penggabungan teknologi AI generatif ke dalam sektor logistik akan mendefinisikan ulang industri ini pada tahun 2024. Global research menunjukkan adanya perubahan luar biasa dalam pasar logistik AI generatif, yang diperkirakan akan melonjak dari penilaian saat ini sebesar $412 juta menjadi $13,948 juta pada tahun 2032. Dan diperediksi sektor logistik mengalami pertumbuhan/ Compounded Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 43,3% per tahun.

Menurut laporan terbaru, sektor logistik dan rantai pasokan diperkirakan akan mengalami pertumbuhan substansial dalam penerapan AI menjelang tahun 2025, dengan 55% bisnis telah mengintegrasikan AI. AI Generatif memberikan dampak transformatif pada logistik, mulai dari meminimalkan kehabisan stok hingga mengoptimalkan rute pengiriman, dan manajemen risiko. Kemampuan melalui teknologi AI akan memberdayakan tim logistik dengan peningkatan komunikasi real-time, yang didukung oleh chatbot dan asisten virtual yang digerakkan oleh AI. Teknologi canggih menangani tugas-tugas padat karya, seperti pembuatan laporan dan perkiraan, sehingga meningkatkan tolak ukur produktivitas bagi para profesional di bidangnya.


Selain itu kecanggihan prediktif AI Generatif menawarkan solusi transformatif, meminimalkan intervensi manusia, dan memperkenalkan visibilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bahkan diprediksi para profesional logistik akan menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk meningkatkan profitabilitas dan menyederhanakan sistem kerja di tengah tanta sformatif yang merevolusi logistik secara digital. Selain mengatasi inefisiensi dan mengurangi risiko, solusi-solusi ini memberikan keuntungan bagi bisnis seperti kecepatan, efektivitas biaya, pengendalian, skalabilitas, dan keamanan, sehingga mengantarkan era baru logistik yang efisien dan tangguh.

Sumber:
Soaring impact of Generative AI and Cloud-Based technologies to revolutionise logistics in 2024, Locus predicts (expresscomputer.in)