Kini UKM Bisa Tembus Pasar Ekspor Indonesia

04 Dec

Kini UKM Bisa Tembus Pasar Ekspor Indonesia

04 December 2023

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa tembus ke pasar ekspor. Sebab UKM bisa mendapatkan kesempatan sekaligus peluang memasarkan produknya di luar negeri, hal itu diberikan karena UKM sebagai roda pergerakan ekonomi Indonesia.

Sumber foto: setkab.go.id

Pada September lalu ekspor Indonesia mengalami penurunan. Badan Pusat Statistik, Ekspor Indonesia pada September 2023 mencatat US$ 20,76 miliar atau turun 5,63 persen dibandingkan ekspor bulan Agustus tahun lalu, nilai ekspor mengalami penurunan sebesar 16,17 persen.

Karena itu, Pemerintah akan fokus menciptakan program untuk mendukung UKM Indonesia agar bisa tembus pasar ekspor. Termasuk pemanfaatan APBN yang bisa digunakan memberikan dampak baik bagi pelaku UKM dalam menjalankan bisnis-Nya

orang

Sumber foto: dok.kemenkeu

Direktur Pelaksana Pengembangan Bisnis Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Maqin U Norhadi mengatakan, program PKE UKM merupakan wujud kehadiran negara melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai bentuk dukungan APBN kepada para pelaku usaha berorientasi ekspor.

“Dengan PKE UKM, UKM berorientasi ekspor memiliki akses yang lebih mudah ke pembiayaan, penjaminan, asuransi ekspor, dan jasa konsultasi,” jelasnya dalam siaran pers.

Dukungan APBN terhitung sejak 2021 hingga September 2023 yang diberikan melalui program PKE senilai Rp 924 miliar yang bisa dimanfaatkan lebih dari 120 UKM dengan lebih dari 30 produk ke lebih dari 40 negara tujuan ekspor.

Untuk itu, UKM memiliki peranan penting untuk mendorong ekonomi Indonesia diantaranya, membuka lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan, diversifikasi ekonomi negara. Dukungan pemerintah untuk UKM Indonesia menjadi langkah strategis diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Sumber:
Kemenkeu Dorong UKM Tembus Pasar Ekspor Indonesia (cnbcindonesia.com)